Quality Management

Tim Penjaminan Mutu Akademik (TPMA) Program Studi Agribisnis adalah gugus kendali mutu yang bertugas melaksanakan pengendalian mutu akademik pada Program Studi Agribisnis. Tim penjaminan mutu Program Studi Agribisnis ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Syiah Kuala Nomor 1170/UN11/KPT/2022 tentang Penunjukan Tim Pengendali Mutu Akademik di Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala. Sebagai sebuah gugus tugas, TPMA Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala bertugas meningkatkan mutu akademik secara bertahap dan berkelanjutan melalui pengembangan sistem penjaminan mutu dan melaksanakan monitoring dan evaluasi kinerja di lingkup Program Studi, sehingga tercapai mutu akademik yang sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan.
Penjaminan mutu di Perguruan Tinggi dipahami sebagai proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pendidikan secara konsisten dan berkelanjutan sehingga stakeholder memperoleh kepuasan. Selain itu juga sebagai proses untuk menjamin agar mutu lulusan sesuai dengan kompetensi yang ditetapkan atau dijanjikan sehingga mutu dapat dipertahankan secara konsisten dan ditingkatkan secara berkelanjutan. Tugas pokok dan fungs TPMA pada Program Studi Agribisnis adalah:

  1. Merencanakan, melaksanakan dan mengembangkan Sistem Pengendalian Mutu Akademik di tingkat program studi;
  2. Menyusun perangkat pelaksanaan sistem pengendalian mutu akademik program studi, dan
  3. Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap capaian standar mutu program studi.

Dokumen Penjaminan Mutu Akademik:

Profil

  1. Rencana Strategis Kinerja Program Studi Agribisnis

Dokumen SPMI

  1. Panduan Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester
  2. Laporan Kinerja Jurusan Agribisnis
  3. SK Tim Pengendalian Mutu Akademik (tahun didalamnya lengkap)
  4. Laporan Tim Pengendalian Mutu Akademik 2022
  5. Laporan Kinerja Jurusan Agb 2022
  6. Laporan Analisis Resiko PPEPP Mutu
  7. Renstra Fakultas Pertanian USK
  8. POB Prodi Agribisnis

 Dokumen hasil survey

  1. Laporan Survey Pengguna Lulusan (tiap tahun)
  2. Laporan Capaian Pembelajaran Program Studi (tiap tahun)
  3. Laporan EPBM (didalamnya lengkap tahunnya dan tiap semester)
  4. Laporan Kepuasan Laboratorium
  5. Laporan Peningkatan Animo Mahasiswa
  6. Laporan SKP Dosen
  7. Laporan SKP Mahasiswa
  8. Laporan Survei Stakeholder
  9. Laporan Tracer Study

Dokumen Kurikulum

  1. Laporan Penguatan Dan Pengembangan Kurikulum Agribisnis
  2. Laporan Workshop Pemetaan Kurikulum Dan Kerjasama Mitra
  3. Laporan Temu Stakeholder
  4. Form Review Kurikulum 
  5. SK Penetapan Kurikulum Prodi Agribisnis
  6. Laporan Sosialisasi Kurikulum Program Studi Agribisnis
  7. SOP Kurikulum
  8. Laporan Implementasi Kurikulum

Dokumen MONEV

  1. Laporan Monev Bimbingan Skripsi Mahasiswa
  2. Laporan Monev Kehadiran Dosen
  3. Laporan Monev Kehadiran Mahasiswa
  4. Laporan Monev Materi Pembelajaran
  5. Laporan CPL Berbasis CPMK
  6. Laporan CPL PS AGB